SHAHIH AL-BUKHARI 2

Apa yang telah dilakukan oleh Imam Bukhari, yang menurut Muhammad Mushthafa ‘Azami karyanya mencapai dua puluh dua buah, merupakan bukti keseriusan ulama Sunni dalam menuliskan hadis. Apalagi masterpiece-nya, Al-Jami’ Al-Shahih, benar-benar memperoleh kesaksian banyak kalangan sebagai kitab paling shahih dalam bidang penulisan dan pengumpulan hadis. Banyak ulama yang bersaksi atas kualitas Shahih Al-Bukhari dan posisi pentingnya sebagai hukum kedua Islam setelah Kitab Suci Al-Quran. Selain yang telah diungkapkan dalam tulisan sebelumnya, masih banyak kesaksian ulama dan pakar lain atas karya monumental tersebut. Hal ini bisa dilihat, misalnya, dalam Ta’ammulat fi Al-Shahihain : Dirasah wa Tahlil li Shahihay Al-Bukhari wa Muslim karya Muhammad Shadiq Najmi.
Dalam buku tersebut banyak dikutip pendapat para ulama mengenai betapa tingginya kualitas karya Imam Bukhari, misalnya, Ibnu Hajar Al-Haitsami, penulis Al-Shawa’iq Al-Muhriqah, mengatakan, :
Mengenai Syaikhani, yaitu Imam Bukhari dan Imam Muslim, diriwayatkan bahwa kedua kitab karya mereka, berdasarkan ijma’, merupakan kitab yang paling sahih setelah Al-Quran.
Al-Qasthalani, dalam Irsyad Al-Sari (jil. I, hlm. 19), berkomentar, : Umat sepakat dalam hal menerima Al-Shahihain. Mereka hanya berbeda pendapat menyangkut mana yang paling sahih. Jumhur menegaskan bahwa Shahih Al-Bukhari lebih sahih. Tidak seorangpun secara tegas menolak pendapat ini.
Dalam Kasyf Al-Zhunun (jil. I. hlm. 641), Syalabi juga memberikan sebuah pandangan mengenai Al-Shahihain, sebagai berikut, :
Buku-buku yang ditulis berkenaan dengan ilmu hadis terlalu banyak untuk dihitung. Tetapi, ulama salaf dan khalaf telah memutuskan bahwa buku yang paling sahih setelah Kitab Allah adalah Shahih Al-Bukhari, dan kemudian Shahih Muslim.

( RINGKASAN SHAHIH AL-BUKHARI, ARAB INDONESIA, disusun oleh Imam Az-Zabidi, penerbit MIZAN )

1 Komentar (+add yours?)

  1. Ayruel Chana
    Feb 28, 2009 @ 05:50:16

    Assalamu alaikum wr wb…
    Ayo donk..keluarin ..hadist2 yang mengingatkan umat dgn kebutuhan dunia saat ini…oh..yach..maen juga di blog2 yang udach saya roll…biar banyak yang mengetahui blog ini..

    Wassalam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: