SHAHIH AL- BUKHARI

“Aku tertidur diantara Rukun Kabah dan Maqam Ibrahim, ” kata Abu Zaid Al-Mawarzi memulai cerita. Dia adalah seorang penganut mazhab dan pengagum Imam Syafi’i. ” Kemudian aku bertemu Rasulullah Saw. Pada saat itulah beliau bersabda kepadaku, ‘Wahai Abu Zaid. Sampai kapankah kamu mempelajari kitab Al-Syafi’i, sementara kamu belum mempelajari kitabku? ‘ Akupun bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah kitabmu itu? ‘ Beliau menjawab, ‘Kitabku adalah Jami’ Muhammad bin Isma’il ( yakni Shahih Al-Bukhari ). ‘”
Riwayat ini, seperti ditulis dalam Ta’ammulat fi Al-Shahihain, bisa kita temukan dalam Muqadimah Fath Al-Bari (hlm. 40) dan Muqadimah Irsyad Al-Sari (hlm. 48).

Dari Istiqsha’i Al-Afham (jil. II, hlm. 868), kita bisa menemukan kisah yang lain berupa perjalanan Syaikh ‘Abdul Mu’thi Al-Tunisi ketika berziarah ke pusara Rasulullah Saw. Saat mendekati pusara suci itu, dia melangkah pelan-pelan, lalu berhenti. Sesaat kemudian, dia berbicara dengan bahasa yang sulit difahami oleh muridnya. Ketika muridnya bertanya kepadanya tentang apa yang terjadi, Syaikh,
Al-Tunisi menjawab, “Tadi aku meminta izin Rasulullah untuk mendatangi beliau. Setelah beliau mengizinkanku, aku bertanya, Wahai Rasulullah, apakah setiap yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari darimu adalah shahih? ‘ Beliau menjawab, ‘Ya, shahih. ‘ Akupun bertanya lagi, ‘Apakah aku boleh meriwayatkannya, ya Rasulullah? ‘ Beliau menjawab, “Ya, riwayatkanlah hadis itu dariku. ”

( RINGKASAN SHAHIH AL-BUKHARI, ARAB-INDONESIA, disusun oleh Imam Az-Zabidi. Hlm xiii)

1 Komentar (+add yours?)

  1. Ayruel Chana
    Feb 23, 2009 @ 15:51:19

    Assalamu alaikum wr wb

    salam kenal /….artikel yang bagus mengingatkan kita akan perawi…tapi yang namanya perawi adalah manusia juga,..maka tak ada kewajiban bagi kita mengimaninya…rukun iman cuma 6 ..nggak mau nambah ach…

    Selamat atas dibukanya blog ini ,,moga banyak artikelnya dan bermanfaat buat umat..
    wassalam …ditunggu kunjungan baliknya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: